Home » » Superwash laundry kiloan

Superwash laundry kiloan

Superwash Laundry waralaba Pada saat kita memutuskan untuk membuka usaha, pasti yang paling utama kita pikirkan adalah di mana lokasi kita akan membuka usaha. Beberapa mitos mengatakan bahwa dengan memilih tempat  mampu mempengaruhi keberhasilan anda. Hal itu memang tidak benar sepenuhnya, namun juga jangan disepelekan. Lokasi usaha laundry memiliki peranan penting dan mempunyai hubungan erat terhadap pelanggan dan fleksibilitas kita dalam membuka bisnis laundry.

Biasanya khusus dalam bisnis franchise laundry kiloan, kita dibantu dalam memilih tempati usaha laundry tersebut. Kita juga boleh meminta nasehat kepada franchisor mengenai lokasi yang cocok untuk membuka usaha. Kita akan terbantu untuk melakukan analisa terhadap target  dalam memulai usaha laundry.
1. Jumlah kepadatan penduduk.
Kepadatan penduduk adalah faktor terpenting yang menentukan apakah usaha anda diperhatikan orang-orang atau tidak. Pilih apakah ini bisa anda jadikan counter + rumah cuci atau hanya counter saja. Padat penduduk bukan berarti anda bisa mendapat fasilitas untuk membuka rumah cuci juga karena dari pengalaman kami, membuka rumah cuci di daerah padat penduduk justru menimbulkan banyak masalah seperti adanya komplen masyarakat akan bau usaha laundry atau limbah kita dijadikan alasan akan rusaknya pipa2 pembuangan di daerah tersebut.
2. Tingkat penghasilan penduduk.
Tingkat penghasilan penduduk adalah faktor penentu kedua yang tak kalah pentingnya dalam memilih tempat usaha laundry. Tinggi atau rendahnya tingkat penghasilan masyarakat di daerah di mana anda akan membuka usaha laundry adalah bayangan laku atau tidaknya usaha Anda. Pastinya juga anda telah menyesuaikan usaha anda dengan apa yang dibutuhkan atau diinginkan masyarakat di daerah tersebut. Premium laundry dengan fasilitas lengkap serta harga premium biasanya kurang cocok didaerah dengan tingkat kepadatan penduduk yg rata-rata berpenghasilan menengah kebawah.

3. Tingkat pertarungan bisnis.
Perhatikan apakah ada di sekitar lokasi jenis usaha yang sama atau tidak, karena hal ini juga harus dipertimbangkan. Apakah anda mau bersaing head to head atau malah menjauhui persaingan. Kami pernah mengalami situasi dimana ketika mau membuka laundry ternyata dilokasi yg kami bidik sudah ada 2 laundry disana. Awalnya kami optimis untuk bersaing saja karena lokasi ini benar-benar padat penduduk dan daerah kost-kostan. Namun, karena alasan repotnya bersaing dan biaya marketing yg cukup besar agar bisa berkompetisi, kami mengurungkan niat dan memilih lokasi lain yg lebih strategis dan akhirnya dalam 2 tahun laundry kami berjalan, sudah berekspansi dari awalnya 1 ruko menjadi 2 ruko. Ketika kami kembali ke lokasi  awal kami dahulu itu, kedua laundry masih tetap berdiri namun tidak ada perubahan ekspansi, malah kami lihat ada 4 laundry baru yg katanya baru buka juga. Bayangkan bila awalnya kami jadi membuka dilokasi itu, dulu kami hanya perlu memikirkan 2 pesaing sekarang malah 6 pesaing. Berapa lagi dana dan resources yg dibutuhkan untuk bersaing dengan laundry2 tersebut?

4. Jumlah lalu lalang.
Banyaknya orang maupun kendaraan yang berlalu-lalang di sekitar daerah yang kamu targetkan juga berpengaruh besar sebagai pertimbangan dalam memilih tempat usaha laundry. Sebuah tempat dikatakan strategis karena dilalui oleh banyak orang. Semakin strategis berarti peluang usaha anda akan dilihat oleh orang lain juga semakin besar. Tapi, tidak semua yg dilokasi lalu lalang itu strategis. Pikirkan lahan parkir atau akses masuk ke laundry anda juga. Lalu lalang tinggi tapi pelanggan sulit untuk berhenti dan masuk ke toko anda malah akan membuat usaha anda tidak berarti.

5. Pusat keramaian atau Sentra Usaha.
Pilihan akan pusat keramain merupakan nilai plus. Memang kemungkinan besar bisa-bisa anda bersaing dengan banyak kompetitor, namun lokasi tersebut kemungkinan besar adalah pilihan utama calon pelanggan dalam mencari servis yg anda jual. Saat ini kami memiliki 2 laundry di 2 kota besar di Indonesia yg berlokasi didalam Pusat Perbelanjaan. Anda pasti berfikir siapa yg mau ke laundry bila anda buka di pusat perbelanjaan dimana orang bisa temukan banyak baju baru yg bersih disana. Dari hasil survey kami di kedua laundry kami tersebut banyak sekali pelanggan kami adalah orang2 yg  bekerja di toko-toko dipusat perbelanjaan tersebut atau bos-bos pemilik toko yg datang setiap hari ke tokonya. Selain itu adalah pengunjung pusat perbelanjaan yg mencuci helm karena kami membuka jasa cuci helm juga disana. Sejak 2009 hingga hari ini, kami untung setahunnya bersih sekitar 150jt dari bisnis laundry di daerah pusat perbelanjaan.

Sebenarnya ada faktor lain yang juga mempengaruhi dalam memilih tempat usaha laundry yaitu :

1. Berada di dekat pasar atau pelanggan
2. Jaraknya dekat dengan sarana transportasi
3. Kesediaan jumlah tenaga kerja terjamin.
4. Listrik, air dan sarana prasarana lain yang diperlukan dalam membuka usaha.
5. Berada di dekat lembaga keuangan seperti bank atau ATM.
6. Berada di kawasan industry pendukung.
7. Lokasi berdekatan dengan pusat pemerintahan atau publik.
8. Lokasi memiliki peluang besar untuk dikembangkan.
9. Mempertimbangkan social budaya masyarakat dan lingkungan di sekitar daerah tersebut.
10. Hukum, norma atau peraturan yang berlaku di daerah itu.
11. Besar kecilnya nilai investasi untuk lokasi.
12. Nilai ekonomis masa dating dari lokasi.
13. Iklim dan tekstur tanah di lingkungan yang dituju.
Hal-hal di atas setidaknya adalah sebagian besar faktor-faktor penentu dalam keberhasilan suatu usaha. Semoga dengan mempertimbangkan hal-hal demikian, usaha yang ingin Anda buka akan lebih bisa Anda persiapkan dengan benar-benar matang untuk menghindari resiko maupun kerugian yang tidak perlu.
Itulah beberapa tips untuk memilih tempat usaha laundry.
Superwash Laundry Waralaba / Franchise Laundry Kiloan Terbesar dan Termurah di Indonesia
sumber : http://www.infolaundry.com/2011/07/tips-memilih-lokasi-untuk-membuka-counter-laundry.html
http://bundaneva.blogspot.com/2015/01/membersihkan-noda-noda-pakaian-yang.html
http://aa-om.blogspot.com/2015/01/franchise-laundry-kiloan-terbesar-dan.html
Blog, Updated at: 20.35

0 komentar:

Posting Komentar